Shanghai Composite Meningkat 8,02 Poin

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Shanghai Composite di Bursa Efek Shanghai, Tiongkok, meningkat 8,02 poin, atau sekitar 0,26 persen, dari sesi sebelumnya pada Senin (7/11/2016), menjadi 3.133,33. Indeks blue chip CSI 300 juga meningkat, sebesar 0,1 persen menjadi 3.356,59.

Peningkatan angka indeks disebabkan reli kuat saham-saham perusahaan tambang batubara dan perusahaan produsen logam, yang menutupi aksi ambil untung terhadap saham-saham sektor kesehatan dan properti.

Sentimen pasar juga terdongkrak pernyataan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang akhir pekan lalu, bahwa Tiongkok akan menjaga kestabilan pertumbuhan dan mempercepat transformasi perekonomian.

Saham-saham perusahaan tambang dan perusahaan produsen logam meningkat tajam setelah upaya pemerintah Tiongkok mengurangi kapasitas berlebih mulai membuahkan hasil, menyebabkan harga beberapa komoditas meningkat.

Penguatan angka indeks juga terpengaruh terdongkraknya sentimen pasar saham global setelah kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Hillary Clinton, telah dinyatakan tidak akan menghadapi dakwaan dari hasil penyelidikan terakhir Federal Bureau of Investigation (FBI) terhadap penggunaan server email pribadinya.

"Pemilihan Presiden AS yang berlangsung 8 November merupakan sebuah event yang menjadi bahan pembicaraan utama komunitas investasi saat ini. Ketika pemenangnya telah dipastikan, maka fokus akan beralih terhadap pengaruh jangka panjang hasil pemilihan," kata Wei Jianfei, analis Zhongcheng Securities, kepada Reuters.