Kejar Target Pertumbuhan Tinggi, Serapan APBN 2017 Mesti di Awal Tahun

foto : istimewa

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan di tahun anggaran 2018 pertumbuhan ekonomi mencapai di atas 6 persen. Demikian juga halnya dengan peningkatan di bidang investasi, yang diharapkan tumbuh di atas 10 persen.

"Kita inginkan nanti ada pertumbuhan di atas 6, tentu saja untuk mencapai itu tidak mudah saya kira yang paling penting, investasi harus tumbuh di atas 10 persen," tegas Presiden, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, baru-baru ini.

Untuk mencapai target tersebut, Presiden kembali menegaskan, bahwa pelaksanaan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2017 berupa proses lelang dan lainnya, diharapkan bisa dimulai pada Januari tahun depan atau di awal tahun.

"Ini saya kira saya sudah mengingatkan dua kali, tahun lalu, tahun kemarin, ini saya ulang lagi, agar proses persiapan pra lelang untuk seluruh kegiatan segera disiapkan sehingga Januari sudah ada pelaksanaan," ujar Presiden.

Menurut Presiden, di tahun 2016, baru Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pertanian yang sudah melaksanakan kegiatan pada Januari. Presiden mengharapkan kementerian yang lain juga mengikuti.

"Saya harapkan yang lain juga seperti itu," tandas Presiden.