Shanghai Composite Meningkat 14,33 Poin

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Shanghai Composite di Bursa Efek Shanghai, Tiongkok, meningkat 14,33 poin, atau sekitar 0,45 persen, dari sesi sebelumnya pada Senin (14/11/2016), menjadi 3.210,37. Angka indeks mencapai level tertinggi dalam 10 bulan terakhir.

Seperti Shanghai Composite, indeks CSI 300 juga menguat sekitar 0,4 persen, menjadi 3.430,25. Penguatan yang terjadi disebabkan perekonomian Tiongkok menunjukan kestabilan pada Oktober lalu, sesuai ekspektasi.

Namun pertumbuhan penjualan ritel yang mengecewakan disertaik kekhawatiran friksi antara Tiongkok dengan Amerika Serikat yang dipicu kebijakan yang diusung Presiden AS Donald Trump membuat para investor kini memiliki kekhawatiran tersendiri.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Data terkini menunjukkan pemulihan dalam aktivitas ekonomi terus berlanjut ke kuartal ke-empat tahun ini,ââÅ¡¬ ungkap Capital Economics dalam nota kepada Reuters.

Mata uang yuan melemah ke leveh terendah dalam 6,5 tahun terakhir setelah bank sentral Tiongkok menetapkan titik tengah 6,8291 yuan per dolar AS. Para analis memperkirakan pelemahan yuan akan terus berlanjut sampai Trump dilantik sebagai Presiden AS ke-45 pada Januari tahun depan.

Saham-saham yang mengalami penguatan pada Senin adalah saham-saham infrastruktur dan industri, maupun juga perusahaan broker besar yang akan diuntungkan dengan diluncurkannya sambungan pasar saham Shenzhen-Hong Kong.

Saham-saham perusahaan tambang emas menjadi yang terburuk dalam CSI 300, setelah harga emas turun ke tingkat terendah dalam lima bulan terakhir.