Sentimen PMN Dongkrak Nilai Empat Saham BUMN

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Keputusan Komisi XI DPR yang menyetujui usulan pemerintah terkait pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp9 triliun kepada empat BUMN bakal direspons positif oleh para pelaku pasar modal selama dua hingga tiga hari ke depan.

Menurut analis PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada bahwa PMN yang disetujui DPR hari ini akan memberi sentimen positif ke pasar saham.

"Katalis positif dari pemberian PMN senilai Rp9 triliun itu mempengaruhi penguatan harga saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) dan PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP)," terang dia kepada Pasardana.id, di Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Ia melanjutkan, sentimen positif dari isu PMN ini akan diterima empat BUMN ini selama dua sampai tiga hari ke depan, Bahkan, jelas dia, kontinuasi penguatan harga saham keempat BUMN akan berlangsung untuk kurun jangka pendek dan menengah, setelah emiten-emiten ini merealisasikan program kerja dengan memanfaatkan dana PMN tersebut.

"Nantinya mereka akan ada penguatan capex (belanja modal) hingga revitalisasi mesin-mesin," ucap Reza.

Ditambahkan, implementasi program perseroan untuk jangka pendek dan menengah yang mengandalkan dana PMN itu akan menjadi momentum kedua bagi penguatan saham WIKA, JSMR, KRAS dan PTPP.

"Setelah dua sampai tiga hari menguat karena isu PMN, saham mereka berlanjut menguat pasca realisasi program kerja," tandasnya.