Pemerintah Targetkan Tiga Juta Hektar Saluran Irigasi Masuk Program Rehabilitasi

foto : istimewa

Pasardana.id ââÅ¡¬“ Kementerian PUPR mencatat, dari sekitar 7,3 juta hektar saluran irigasi yang beroperasi di Indonesia sebanyak 43,6 persen telah mengalami kerusakan. 

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan bahwa Pemerintah menargetkan sebanyak tiga juta hektar saluran irigasi masuk ke program rehabilitasi, selain adanya tambahan pembangunan satu juta hektar saluran irigasi baru. 

Dengan demikian, pada 2019 ditargetkan sebanyak 90 persen atau 6,4 juta hektar lahan irigasi di Indonesia telah berada dalam keadaan baik. 

"Produktivitas lahan pertanian hubungannya tidak jauh-jauh dengan irigasi," kata Darmin di Jakarta, Rabu (26/10) kemarin.

Ditambahkan, Pemerintah akan mempercepat pemetaan rehabilitasi infrastruktur sarana irigasi untuk melakukan pembenahan dalam sektor pertanian agar Indonesia bisa menjadi salah satu lumbung pangan dunia pada 2045.

"Prinsipnya bukan menambah petak sawah baru tetapi pembangunan irigasi harus dititikberatkan pada rehabilitasi dan dicocokan dengan lahan yang tersedia," jelas Darmin.

Untuk mempercepat program rehabilitasi irigasi, Kementerian Pertanian dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi akan melakukan inventarisasi seluruh data lahan irigasi yang kewenangannya berada di Pemerintah Kabupaten/Kota (luas lahan kurang dari 1.000 hektar).