78 Reksa Dana Saham Kalahkan IHSG

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Meski kinerja Indeks Reksa Dana Saham secara year to date atau sejak awal tahun hingga 24 Februari 2017 tak sebaik Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menjadi acuan, tidak berarti performa seluruh produk reksa dana melempem di tahun ini.

Berdasarkan catatan Infovesta, sebanyak 78 produk reksa dana saham berhasil mencetak kinerja yang lebih tinggi dari IHSG. Bahkan, ada sembilan produk reksa dana saham yang mampu membukukan kinerja di atas 5%.

“Raihan ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan kinerja IHSG selama periode tersebut yang hanya sebesar 1.68%," tutur Steven Tjiardi, analis Infovesta dalam laporannya.

Produk tersebut antara lain adalah HPAM Investa Ekuitas Strategis, Sucorinvest Equity Fund, Sucorinvest Maxi Fund, OSO Sustainability Fund, dan PG Saham Dinamis yang menguat sebesar 11.28%, 9.53%, 8.67%, 6.30% dan 6.15%. Disusul oleh Syailendra MidCap Alpha Fund, Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS, SAM Indonesian Equity Fund dan Valbury Equity I yang naik 5.98%, 5.87%, 5.27%, dan 5.13%.