Menkeu: Pertumbuhan Ekonomi yang Konsisten Dukung Tercapainya Indonesia Emas 2045

Foto : Dok. Kemenkeu

Pasardana.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dunia saat ini sedang diuji dengan banyak sekali guncangan.

Namun demikian, di tengah segala guncangan tersebut Indonesia terus tumbuh kuat dan resilien.

“Kita terus berprogres untuk mencapai seluruh target pembangunan. Selain itu, kita juga memiliki tujuan untuk terus menjadi bagian dari komunitas global, salah satunya untuk terus menyuarakan perdamaian dan ketertiban dunia,” ucap Menkeu pada acara Indonesia - European Union Investment Summit 2023 di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Perekonomian Indonesia tercatat mencapai 5 persen dalam 8 kuartal terakhir, Menkeu menyebut angka pertumbuhan itu dapat memvisualisasikan mimpi Indonesia melaju menuju Indonesia emas 2045.

Untuk menangkap momentum tersebut, Menkeu juga mengungkapkan bahwa pemerintah berupaya untuk terus membangun dari sisi sumber daya manusia, produktifitas, dan Inovasi.

“Ketiganya bisa terjaga dan tumbuh dengan baik selama kesehatan fiskal kita terjaga dengan baik. Inilah yang menjadi tugas kementerian keuangan menjaga kesehatan alat fiskal kita supaya mampu menyelesaikan beragam isu seperti stunting, infrastruktur, hingga perubahan iklim dan permasalahan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, isu mengenai kemajuan teknologi yang kian pesat, kinerja sektor manufaktur, serta transformasi sumber daya alam juga menjadi tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan.

“Indonesia bertekad untuk menciptakan lebih banyak nilai tambah dari sumber daya alamnya. Kita tahu bahwa hal ini memerlukan investasi untuk hilirisasi, memerlukan infrastruktur, energi dan kini energi perlu bersifat ramah lingkungan,” jelas Menkeu.

Sebagai penutup, Menkeu berpesan agar seluruh bangsa di dunia dapat terus menjaga persatuan untuk meraih cita-cita bersama berlandaskan solidaritas yang adil dan sejahtera.

Indonesia is not a divided country, we are united. Semangat ini saya harap juga terrefleksikan di tingkat dunia, karena sudah seharusnya dunia ini dikelola dan dijaga dengan semangat yang sama,” tandasnya.